Comscore Tracker

5 Langkah Pertama Penanganan Motor yang Terendam Banjir

Jangan dihidupkan kalau masih basah

Jakarta, IDN Times – Musibah banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya membuat jalanan dan pemukiman terendam air. Bahkan sudah ada yang sampai hampir 2 meter.

Tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya, curah hujan yang tinggi juga mengancam beberapa daerah lain seluruh Indonesia. Banjir tentu membuat kamu sulit beraktivitas. Apalagi jika sepeda motor kamu ikut terendam banjir. Wah, bisa gawat nih.

Jika motor kamu kena banjir, kamu harus lakukan 5 pertolongan pertama ini. Semoga motormu bisa kembali pulih.

1. Jangan langsung hidupkan mesin

5 Langkah Pertama Penanganan Motor yang Terendam Banjirvideoblocks.com

Sesaat setelah motor terendam, menyalakan motor justru dapat memicu semua kotoran dari banjir tadi untuk masuk ke dalam ruang mesin dan akhirnya terjadi pengendapan. Alhasil, mesin pun lebih berisiko terserang karat dan aus. Lebih baik didiamkan saja dan lakukan tip berikutnya.

Baca Juga: Motor-motor Baru Beraroma Retro, Cocok Buat yang Gak Mau Ribet

2. Buka mesinnya, bersihkan!

5 Langkah Pertama Penanganan Motor yang Terendam Banjircraftsmanave.com

Bongkar seluruh bagian, seperti busi, filter udara, blok silinder, dan lainnya. Ini memang sulit untuk dilakukan oleh orang awam, oleh karenanya lebih baik dorong motor ke bengkel terdekat untuk melakukan hal ini.

Tujuan pembongkaran ini tentu saja untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dari genangan air yang terlanjur merendam motormu. Rendam menggunakan cairan khusus penetral, atau semprot komponen-komponen tertentu dengan tekanan angin yang kuat hingga bersih, dan keringkan. Setelah itu, rangkai kembali.

3. Cek dan kuras oli

5 Langkah Pertama Penanganan Motor yang Terendam Banjirrideapart.com

Menguras oli dan menggantinya dengan yang baru juga wajib dilakukan apabila motor sudah terlanjur terendam banjir karena biasanya oli cenderung sudah tercampur dengan air. Oli yang sudah tercampur ini tentu berubah tingkat kekentalannya dan bisa tidak cocok untuk mesin, yang akhirnya dapat menghambat kinerja mesin motor.

4. Keringkan komponen listrik

5 Langkah Pertama Penanganan Motor yang Terendam Banjirmedium.com

Setelah komponen mesin dicek, dibersihkan, oli diganti, tahap selanjutnya adalah dengan mengeringkan komponen listrik. Sama dengan mesin, seluruh komponen kelistrikan ini perlu dibongkar agar dapat dengan mudah dikeringkan. Kemudian, pasang kembali dan lakukan percobaan untuk mengetahui apakah semuanya masih berfungsi dengan baik.

5. Periksa komponen rem

5 Langkah Pertama Penanganan Motor yang Terendam BanjirIDN Times/Yohanes Nugroho

Setelah semuanya beres, yang paling terakhir bisa diperiksa adalah sistem pengereman. Komponen rem, seperti kampas yang terendam banjir biasanya akan lembab, dan kalau kering bisa mengeras akibat tercampur kotoran.

Untuk mengatasinya, cuci terlebih dahulu kemudian lakukan pengetesan dengan menekan rem berulang kali sampai terasa dapat berfungsi dengan baik. Tapi akan lebih baik kalau kampas dan komponen lainnya segera diganti dengan yang baru untuk mengurangi risiko berbahaya selama berkendara.

Baca Juga: Motor-Motor Bekas dengan Harga di Bawah Rp5 Juta, Masih Keren Kok!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya