Comscore Tracker

Kawasaki Ninja ZX-25R akan Dirilis, Ini Kelebihan Mesin 4 Silinder

Suara lebih halus dengan performa tangguh

Jakarta, IDN Times - Perang motor 250 cc 4 silinder pernah terjadi pada era 1980 hingga 1990-an. Saat itu ada Honda CBR250RR, Kawasaki ZXR250 dan Yamaha FZR250. 

Kini Kawasaki siap memulai perang lagi dengan meluncurkan ZX-25 R. Kawasaki akan jadi barometer baru motor-motor bermensin 250 cc.

Apa sebenarnya kelebihan motor 4 silinder dibandingkan motor-motor dengan dua atau single silinder?

1. Suara motor 4 silinder lebih halus

Kawasaki Ninja ZX-25R akan Dirilis, Ini Kelebihan Mesin 4 Silinderyamaha-indonesia.co.id

Motor dengan 4 silinder memiliki suara yang lebih halus dan merdu dibandingkan motor dengan silinder tunggal atau ganda. Hal ini dapat terjadi pada saat satu putaran mesin terdengar lebih dari satu kali hentakan piston dalam satu knalpot dengan jeda lebih singkat, oleh sebab itu suaranya lebih halus.

Baca Juga: Motor-motor Baru Beraroma Retro, Cocok Buat yang Gak Mau Ribet

2. Mesin bergerak lebih ringan dengan putaran lebih cepat

Kawasaki Ninja ZX-25R akan Dirilis, Ini Kelebihan Mesin 4 Silinderyamaha-indonesia.co.id

Motor 4 silinder dilengkapi 4 piston yang membuat bore menjadi lebih kecil dan stroke lebih pendek. Stroke yang lebih pendek ini membuat mesin mampu bergerak lebih ringan.

Dari segi kecepatan crankshaft, mesin motor 4 silinder ini dapat berputar dengan cepat bahkan putaran mesin masih bisa lebih tinggi lagi. Mesin motor sport 4 silinder juga mempunyai putaran yang lebih tinggi.

Karena itu mesin 4 silinder mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar dari mesin bersilinder ganda atau tunggal dengan kubikasi yang sama.

3. Dilengkapi komponen yang lebih unggul

Kawasaki Ninja ZX-25R akan Dirilis, Ini Kelebihan Mesin 4 SilinderIDN Times/Vanny El Rahman

Tak diragukan lagi harga dengan kualitas serta komponen yang dipakai pada motor sport 250cc 4 silinder. Mesin dengan banyak silinder mempunyai komponen yang lebih baik.

Baik dari segi piston connecting-rod, klep intake, valve bucket, valves springs, karburator atau throttle body, pipa header, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Motor-Motor Bekas dengan Harga di Bawah Rp5 Juta, Masih Keren Kok!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya