Comscore Tracker

Keren! Tipe-tipe Motor Custom dan Karakternya, Presiden pun Punya

Sudah tahu belum mau modifikasi tipe apa?

Jakarta, IDN Times – Banyak yang ingin sepeda motornya berbeda dengan yang lain. Menjadi ciri khas tersendiri dan menjadi perhatian banyak orang. Ketika orang lain terkagum-kagum melihat motor kamu, menjadi kepuasan tersendiri.

Maka, modifikasi menjadi jalannya. Apalagi motor-motor bertipe klasik. Terlihat sangat keren jika dimodifikasi.

Presiden Jokowi pun mempunya motor custom sendiri. Nah, kamu jangan mau kalah dong. Berikut ini jenis-jenis motor custom.

1. Cafe Racer buat si pencinta kecepatan

Keren! Tipe-tipe Motor Custom dan Karakternya, Presiden pun Punyabikeexif.com

Motor berjenis cafe racer cocok banget buat kamu yang suka motor balap berdesain klasik. Motor jenis ini pun dulunya sering dipakai untuk balapan oleh anak muda di Inggris.

Nama Cafe Racer diambil dari balapan dari kafe ke kafe. Aliran modifikasi asal Inggris ini memiliki ciri khas setang jepit dengan jok yang melengkung seperti pantat tawon. Posisi berkendara dengan motor ini pun seperti mengendarai motor sport.

Selain cocok untuk balapan, banyak cafe racer di Indonesia yang digunakan sebagai motor sehari-hari.

2. Brat Style mencerminkan jika yang tak ingin terkekang

Keren! Tipe-tipe Motor Custom dan Karakternya, Presiden pun Punyabikebrewers.com

Untuk brat style mirip dengan cafe racer. Namun, terdapat perbedaan antara keduanya, yaitu brat style hadir dengan jok yang lebih panjang dan datar. Jok model ini lebih cocok dipakai sehari-hari, karena motor ini bisa digunakan untuk boncengan.

Brat style pertama kali terkenal di Jepang. Meski tampilannya lumayan sangat, aliran ini tetap mengutamakan kenyamanan berkendara, loh. Selain itu motor aliran ini juga bisa diajak touring. Sehingga cocok buat kamu yang menyukai petualangan bebas.

3. Tracker untuk penjelajah yang doyan blusukan

Keren! Tipe-tipe Motor Custom dan Karakternya, Presiden pun Punyadeuscustoms.com

Motor custom aliran Tracker ini berkembang dari Amerika dan terinspirasi dari balap legendaris: AMA Grand National Championship. Uniknya balapan ini menggabungkan Grand Prix dan Dirt-Bike (MX). Motor custom dengan tangki yang paling kecil dari aliran lain ini, juga dilengkapi dengan ban berbentuk semi kotak tahu.

Ban semi kotak tahu ini digunakan menyesuaikan versi aslinya untuk lintasan datar dan bertanah. Seiring perkembangan Tracker menjadi beberapa versi, seperti Flat-Tracker, Dirt-Tracker, Street-Tracker, dan Board-Tracker.

Selain untuk balapan motor custom aliran ini cocok digunakan untuk medan jalan di Indonesia yang beragam. Bahkan, Tracker mampu menerjang jalanan rusak, berbatu, dan berlubang.

Baca Juga: Komunitas Caferacer Medan, Genre Motor Klasik dari Kafe ke Kafe

4. Scrambler cocok untuk berpetualang semi off-road

Keren! Tipe-tipe Motor Custom dan Karakternya, Presiden pun Punyatopspeed.com

Aliran motor custom ini sangat cocok digunakan untuk kalian yang suka berpetualang. Mengusung tema semi off-road, Scrambler memiliki ban yang sama dengan Tracker layaknya motor trail. Namun, Scrambler memiliki ground clearance yang lebih tinggi sehingga lebih asyik digunakan untuk berpetualang di jalanan yang tak beraspal.

5. Bobber motor garang asal Amerika

Keren! Tipe-tipe Motor Custom dan Karakternya, Presiden pun Punyacycleworld.com

Bobber mulai muncul pada 1920 silam di Amerika. Motor aliran ini umumnya menggunakan single jok dengan ban belakang dan ban depan yang besar. Ciri khas Bobber lainnya bisa dilihat dari bagian belakang yang lebih pendek dengan stang rendah, serta fender depan dan beberapa bagian lain dilepas untuk memberi kesan minimalis.

Motor Bobber ini sangat nyaman digunakan untuk berkendara sehari-hari mau pun touring ke luar kota. Bahkan beberapa produsen motor membuat seri terbarunya mengikuti gaya Bobber dengan fitur yang canggih dan lebih modern. Memiliki Bobber riders semakin terlihat maco dan gahar di jalanan.

6. Chopper motor custom yang diminati Presiden Jokowi

Keren! Tipe-tipe Motor Custom dan Karakternya, Presiden pun PunyaDok. IDN Times/IStimewa

Siapa yang tak kenal motor custom aliran ini, bahkan Preside Joko Widodo pun memilikinya. Dengan setang lebih tinggi dan fork yang dibuat memanjang, serta rangka dengan desain khusus pada kemiringannya adalah ciri khas aliran Chopper. Tak hanya itu, pada roda depan sengaja dibuat lebih besar dari ban belakangnya.

Berbeda dengan Bobber, motor yang juga dipakai pada film Ghost Rider ini memiliki body yang lebih kurus dan ramping dengan jok yang lebih rendah. Motor aliran ini sangat cocok untuk kalian yang suka berkendara santai menikmati jalanan. Presiden Joko Widodo pun pernah memakai Chopper miliknya untuk blusukan ke beberapa daerah.

Baca Juga: Motor-motor Baru Beraroma Retro, Cocok Buat yang Gak Mau Ribet

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya