Comscore Tracker

Wabah Corona Meluas, 4 Tip Aman Naik Sepeda Motor 

Tetap semangat ya yang harus kerja di luar

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menggalakkan untuk social distancing atau WHO kini menyebutnya physical distancing. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Sejumlah perusahaan menerapkan Work From Home (WFH) alias bekerja di rumah. Namun gak semua orang bisa bekerja di rumah. Ada yang terpaksa harus ngantor. Begitu juga dengan ojek online, mereka harus hilir mudik di jalanan untuk mengantar penumpang maupun mengantar pesanan.

Nah, untuuk yang harus keluar dengan sepeda motor, ini beberapa tip menghindari paparan virus corona.

1. Selalu menggunakan masker

Wabah Corona Meluas, 4 Tip Aman Naik Sepeda Motor Unsplash/Ani Kolleshi

Penggunaan masker dapat meminimalisir penyebaran virus korona saat berkendara, karena diketahui virus ini pun bisa bertahan hidup di udara dengan suhu tertentu. Penggunaan masker juga berguna untuk menghalangi debu masuk ke saluran pernapasan kalian secara langsung.

2. Gunakan helm berstandar SNI

Wabah Corona Meluas, 4 Tip Aman Naik Sepeda Motor (IDN Times/Dwi Agustiar)

Selain untuk keselamatan, helm berstandar SNI ini melindungi bagian kepala dan dilengkapi dengan kaca pelindung. Penggunaan kaca pada helm SNI ini juga bisa mencegah debu dan virus yang ada di jalan.

Baca Juga: Motor-Motor Bekas dengan Harga di Bawah Rp5 Juta, Masih Keren Kok!

3. Selalu menjaga kebersihan

Wabah Corona Meluas, 4 Tip Aman Naik Sepeda Motor IDN Times/Dwi Agustiar

WHO telah mengimbau agar kita selalu menjaga kebersihan, termasuk kebersihan motor dan alat-alat lainnya seperti helm dan masker.

Kita harus mulai membiasakan selalu mencuci tangan setelah berkendara setibanya di rumah. Bisa juga kalian selalu membawa hand sanitizer kemana pun kalian pergi

Tak hanya itu, kita juga harus lebih sering mencuci motor, helm, dan masker yang kita gunakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus korona yang semakin masif.

4. Pastikan tubuh dalam kondisi prima

Wabah Corona Meluas, 4 Tip Aman Naik Sepeda Motor IDN Times/Dwi Agustiar

Nah, sebelum berkendara di musim korona ini kalian harus pastikan kalau kondisi tubuh kalian fit dan prima. Hal ini diperlukan agar tidak terjadinya penurunan imunitas yang bisa menyebabkan mudahnya tertular virus korona.

Untuk itu kalian harus selalu minum vitamin dan sumplemen untuk menjaga kondisi tubuh yang fit dan prima.

Baca Juga: Jaga Kebersihan! Ini Tip agar Virus Corona Gak Nempel di Helm

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya