Comscore Tracker

Upgrade 4 Komponen Ini agar Sepeda Terasa Ringan saat Digowes

Bersepeda jarak jauh pun gak jadi masalah

Jakarta, IDN Times - Bersepeda harus dilakukan dengan nyaman dan lancar. Hal itu membuat olahraga bisa lebih bermanfaat.

Jika sepeda kamu ringan untuk digowes, kamu bisa tahan berlama-lama atau bersepeda dengan jarak yang jauh. Terkadang memang ada sepeda yang cukup berat saat digowes. Soalnya memang setiap spesifikasi berbeda sesuai dengan harganya. 

Opsi yang harus ditempuh adalah kamu harus upgrade sepeda kamu. Ini 4 hal yang harus kamu upgrade jika ingin sepeda kamu ringan untuk digowes.

1. Pilih hand grip dengan 'tanduk'

Upgrade 4 Komponen Ini agar Sepeda Terasa Ringan saat Digowescommons.wikimedia.org

Handle grip yang berbentuk seperti tanduk diketahui memberikan ergonomi lebih baik ketika gowes. Handle grip ini dirancang untuk menopang area pergelangan tangan dalam posisi yang natural.

Posisi tangan tersebut bisa mengurangi rasa nyeri di area pergelangan tangan dan rasa kebas atau mati rasa pada tangan. Selain itu, posisi memegang handle grip ergonomis meningkatkan postur tubuh yang dapat mengurangi nyeri punggung dan leher.

Ketika memasang hand grip ergonomis ini, pastikan untuk memosisikannya sedikit lebih rendah daripada tempat pergelangan lengan diistirahatkan ketika gowes.

2. Tambahkan pad sadel dengan gel

Upgrade 4 Komponen Ini agar Sepeda Terasa Ringan saat DigowesIlustrasi sadel sepeda (IDN Times/Umi Kalsum)

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Kadang kita merasa sadel sepeda kita tidak memiliki bantalan yang cukup empuk. Jika goweser menginginkan sadel yang lebih menawarkan kenyamanan, goweser bisa memilih pad sadel dengan gel.  Gel di dalam pad memberi bantalan yang nyaman untuk tulang duduk goweser.

Dengan kenyamanan yang dirasakan di atas sadel saat menggowes, goweser bisa bersepeda lebih lama dan lancar karena tidak khawatir dengan rasa nyeri atau ketidaknyamanan yang mengganggu ketika gowes.

Baca Juga: Mengurai Sejarah Sepeda Onthel, Sepeda Antik Paling Kece Sejak 1950

3. Beralih ke pedal clipless

Upgrade 4 Komponen Ini agar Sepeda Terasa Ringan saat Digowesflickr.com/somervillebikes

Saat kita membeli sepeda, biasanya pedal yang terpasang adalah model pedal flat. Jenis pedal ini kurang efektif jika ingin mendapat sensasi mengayuh yang ringan dengan hasil kayuhan impresif. 

Karenanya, pedal clipless bisa dipilih sebagai alternatif untuk mengayuh yang lebih ringan. Dengan pedal clipless, goweser bisa mengklip dan melepas klip sepatu dari pedal.

Saat sepatu terpasang ke pedal, ini berpotensi meningkatkan kekuatan mengayuh lebih besar dibanding dengan pedal flat. Karena dengan kondisi sepatu yang menjadi satu dengan pedal, kaki goweser punya kuasa lebih untuk mendorong dan menarik pedal.

Hasilnya adalah tenaga yang lebih maksimal, mengayuh lebih lancar, kecepatan dan efisien.

4. Naikkan speed group set

Upgrade 4 Komponen Ini agar Sepeda Terasa Ringan saat Digowesflickr.com/Sport Bicycle

Goweser yang rute bersepedanya melewati jalur menanjak akan sangat tertolong dengan meng-upgrade group set yang geriginya lebih banyak. 

Misalnya goweser punya sepeda dengan group set 9 speed, goweser bisa coba naikkan ke 10 atau 11 speed. 

Jumlah gerigi yang bertambah ini bisa meningkatkan goweser mendapat gir rasio yang lebih nyaman dan lebih ringan saat gowes.

Baca Juga: Biar Nyaman untuk Touring, Ini yang Mesti Di-Upgrade dari Sepeda Lipat

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya