Comscore Tracker

Cara Memulai Usaha Doorsmeer Motor, Ini Tipsnya Biar Laris!

Bisnis ini cukup menggiurkan lho

Jakarta, IDN Times - Di bidang otomotif ada banyak peluang bisnis. Tidak hanya soal jual beli. Tapi juga usaha cuci motor alias doorsmeer. 

Ya, doorsmeer dengan mudah bisa kamu temui di berbagai tmpat. Masing-masing menawarkan kelebihannya. Data dua tahun lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah sepeda motor di Indonesia mencapai 112.771.136 unit. 

Nah, kamu yang tertarik buka usaha cuci motor, inilah tips untuk memulainya. 

1. Pelajari cara mencuci motor yang benar

Cara Memulai Usaha Doorsmeer Motor, Ini Tipsnya Biar Laris!(IDN Times/Dwi Agustiar)

Mencuci motor ini kelihatannya mudah sekali dilakukan. Namun, pekerjaan tersebut ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Kalau kamu hanya mencuci motor seadanya, tentu bisa saja. Tapi apakah akan bersih maksimal? Belum tentu. Sebab, ada bagian-bagian tertentu yang juga perlu kita bersihkan.

Oleh karena itu, pahami bagaimana cara mencuci motor yang benar. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas pelayanan kamu kepada konsumen.

2. Cari lokasi strategis dan buat tempat yang nyaman untuk konsumen

Cara Memulai Usaha Doorsmeer Motor, Ini Tipsnya Biar Laris!(IDN Times/Dwi Agustiar)

Ini sih wajib ya. Kalau kamu buka usaha cuci motor, kamu harus memilih lokasi yang strategis. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam menunjang bisnismu.

Pilihlah lokasi yang banyak dilalui kendaraan dan akses jalannya mudah. Selain itu, aturlah tempat usaha cuci motor kamu senyaman mungkin bagi konsumen. Misalnya, kamu menyediakan ruang tunggu yang lega dan terhindar dari panas maupun hujan.

Kalau ada biaya lebih, bisa saja kamu menyediakan ruang tunggu dengan fasilitas AC, hiburan dan kantin kecil. Konsumen pun juga tidak akan bosan saat mengantri.

Baca Juga: 4 Tips Memelihara Motor Tua, Biar Bisa Jadi Cuan

3. Lakukan promosi dengan baik

Cara Memulai Usaha Doorsmeer Motor, Ini Tipsnya Biar Laris!Pexels.com/picjumbo.com

Selain ditunjang lokasi yang strategis, kamu juga perlu melakukan promosi dan pemsaran yang efektif. Di era yang semakin canggih saat ini, kamu bisa memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan dan memasarkan usahamu.

Berikan penawaran terbaik kepada konsumen dengan berbagai promo. Misalnya, cuci motor 5 kali, gratis 1 kali. Selanjutnya, tingkatkan kualitas pelayanan kamu di usaha cuci motor ini. Kalau konsumen nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan, pasti mereka akan kembali lagi dan mempromosikannya kepada orang lain.

4. Persiapkan alat dan rekrut karyawan

Cara Memulai Usaha Doorsmeer Motor, Ini Tipsnya Biar Laris!(IDN Times/Dwi Agustiar)

Poin terakhir ini sih emang krusial banget ya. Kalau kamu ingin kualitas usaha cuci motor kamu baik, kamu perlu didukung oleh peralatan untuk membersihkan motor.

Kalau kamu tidak ingin yang standar, beli lah peralatan dengan teknologi yang modern. Misalnya yang bisa memberikan efek cuci salju.

Selain itu, jangan lupa rekrut karyawan. Kamu nggak mungkin kan kerja sendirian? Untuk awal-awal sih, 2-3 orang saja cukup. Usahakan ada yang sudah memiliki pengalaman. Tentunya agar memudahkan pekerjaan untuk membersihkan motor.

Bagaimana? mudah bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga: Hanya Bulan Juni, Tukar Motor Lama Kamu Jadi Honda PCX atau CBR150R

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya