Comscore Tracker

Jangan Sepele, Ini Keunggulan Knalpot Motor Standar Pabrikan

Knalpot ternyata juga harus lulus uji kebisingan, lho!

Berkendara aman dan nyaman di jalan tentunya tidak terlepas dari dukungan kondisi prima sejumlah komponen penting yang pada motor kesayangan. Salah satunya kenalpot yang merupakan salah satu elemen penting pada sepeda motor, dimana berfungsi sebagai saluran pembuangan sisa hasil pembakaran pada mesin.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, saat ini banyak pemilik sepeda motor yang melalukan modifikasi dengan mengganti knalpot standart pabrikan dengan knalpot racing.

Dimana alasannya untuk mendapatkan suara yang lebih gahar dan performa sepeda motor yang lebih baik. Padahal sebenarnya, selain bebas tilang knalpot standart pabrikan memiliki banyak keunggulan yang mungkin belum diketahui pengendara sepeda motor.

Melihat kondisi tersebut, maka Honda ingin berbagi informasi terkait beberapa keunggulan knalpot standar pabrikan sepeda motor. Yuk simak:

Baca Juga: Dewa 19 Konser di Medan, Wagub Ijeck Pamer Motor Tua pada Ahmad Dhani

1. Memiliki nilai gas buang yang telah diukur

Jangan Sepele, Ini Keunggulan Knalpot Motor Standar PabrikanIlustrasi motor knalpot bising. Dok. IDN Times/Istimewa

Pertama, knalpot standar telah disesuaikan dengan konstruksi mesin motor itu sendiri melalui berbagai riset dan uji coba.

Selain itu, knalpot standar pabrikan juga memiliki nilai gas buang yang telah diukur dan sesuai dengan standart minimal sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara berlebih.

2. Lulus uji kebisingan

Jangan Sepele, Ini Keunggulan Knalpot Motor Standar PabrikanIlustrasi knalpot motor (Pixabay.com)

Kedua, tingkat kebisingan yang ada pada knalpot standar sudah teregulasi dan lulus uji kebisingan sehingga tidak menimbulkan suara terlalu keras dan mengganggu lingkungan sekitar.

3. Menggugurkan garansi sepeda motor

Jangan Sepele, Ini Keunggulan Knalpot Motor Standar PabrikanRazia motor knalpot brong di Jombang. IDN Times/Zainul A

Ketiga, memodifikasi knalpot adalah salah satu tindakan yang bisa menggugurkan garansi sepeda motor.

Dengan tidak memodifikasi bagian motor yang tidak disarankan, pemilik sepeda motor bisa memanfaat garansi tersebut jika terjadi masalah atau kerusakan pada sepeda motor selama masa garansi yang ditetapkan.

4. Memiliki lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam knalpot

Jangan Sepele, Ini Keunggulan Knalpot Motor Standar Pabrikanastra-honda.com

Keempat, salah satu kelebihan yang dimiliki knalpot standart juga ada pada lubang kecil di bagian terbawah knalpot. Dimana lubang kecil itu berfungsi untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam knalpot sehingga knalpot tidak menyimpan air dan sirkulasi lebih baik.

Erwin Chandra menambahkan, perlu diingat juga bahwa perawatan dan pemeriksaan seluruh komponen sepeda motor yang dilakukan secara rutin akan membuat kinerjanya tetap optimal. Karena itu, untuk #Cari_aman di jalan, kunjungi bengkel AHASS terdekat dan jangan lupa selalu gunakan suku cadang Honda Genuine Part untuk kualitas terbaik, serta menfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu servis

Baca Juga: Jangan Cuma Gaya, Kenali 5 Jenis Helm untuk Bermotor dan Fungsinya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya