Comscore Tracker

Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Meski Terus Hidupkan AC

Perhatikan temperatur suhu AC

Jakarta, IDN Times –Di Indonesia penggunaan Air Conditioner (AC) pada mobil sangat diperlukan. Apalagi dengan suhu udara yang panas di siang hari.

Jika AC mobil kamu rusak, maka siap-siap jadi tempat sauna nih mobil kamu. Tapi memang ada plus minusnya. Dengan penggunaan AC, mobil memang jadi kurang irit bahan bakar.

Karena memang mesin akan bekerja lebih berat saat AC hidup. Akibatnya bensin pun jadi boros. Tapi jangan khawatir. Ada kok caranya menghemat bahan bakar meski AC hidup.

1. Kalau kabin sudah dingin, naikan suhunya

Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Meski Terus Hidupkan ACgermanformula.com

Bila temperatur dalam kabin penumpang sudah terasa dingin, kamu bisa segera menaikan kembali temperaturnya ke suhu yang lebih tinggi. Ini penting agar kerja kompresor AC bisa sedikit berkurang.

Sedikit berbeda namun masih dalam konteks yang sama, saat melewati daerah dengan suhu udara yang cukup rendah atau dingin, seperti daerah pegunungan, lebih baik mematikan AC dan buka jendela.

Baca Juga: DFSK Glory 560, SUV Murah Berkelas Mulai Mengaspal di Medan 

2. Parkir di tempat yang teduh

Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Meski Terus Hidupkan ACIDN Times/Irfan Fathurohman

Usahakan untuk selalu parkir di tempat yang teduh, terutama saat cuaca sangat panas. Ini perlu dilakukan agar saat AC akan digunakan untuk pertama kalinya tidak akan bekerja terlalu berat akibat panas yang terlalu menyengat.

3. Buka jendela sebelum menyalakan AC

Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil Meski Terus Hidupkan ACshutterstock.com

Sesaat setelah menyalakan mesin mobil, lebih baik bila membuka jendela terlebih dahulu supaya udara panas dari dalam kabin dapat keluar dengan cepat, baru kemudian menyalakan AC untuk menyejukkan ruangan. Cara ini juga mampu meringankan kinerja AC nantinya dalam mendinginkan karena suhu dalam kabin sudah tidak terlalu panas.

Baca Juga: Jarang Digunakan, Ini 7 Ritual Wajib Perawatan Mobil Biar Tetap Awet

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya