Comscore Tracker

Ini Spesifikasi Motor Aprilia Shiver 900, Harganya Rp560 Juta

Mesin canggih dan kencang

Jakarta, IDN Times – Sepeda motor produksi PT Piaggio, Aprilia Shiver 900 resmi mengaspal di Sumut. Motor ini dipajang di beberapa mall ternama di Indonesia, salah satunya di Pondok Indah Mall (PIM), Jakarta Selatan tanggal 7-13 Oktober 2019.

Motor ini merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari kakaknya dulu, Aprilia Shiver 750 dan Shiver 900 (2017), dan memiliki komponen-komponen baru di dalamnya.

“Aprilia Shiver 900 memberikan tenaga, daya tahan, dan kepuasan berkendara. Bagi mereka yang mengendarainya akan memahami bagaimana naked bike ini telah mengalami keunggulan evolusi buah karya dari para mekanik terbaik kami,” ungkap Robby Gozal, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia.

1. Mesin canggih dan kencang

Ini Spesifikasi Motor Aprilia Shiver 900, Harganya Rp560 JutaIDN Times/Yohanes Nugroho

Aprilia Shiver 900 rasanya memang membuat pengendaranya serasa memiliki pengalaman seperti namanya, yakni shiver atau merinding. Bagaimana tidak, motor ini menggunakan mesin V-Twin 900cc dua silinder yang telah disempurnakan, mampu menghasilkan torsi 90 Nm pada 6.500 rpm, dan menghasilkan tenaga maksimal 95 hp.

Mesin ini diklaim didasari pada teknologi tercanggih Aprilia dan berasal dari komponen yang biasa digunakan dalam dunia balap.

Baca Juga: Piaggio Boyong Aprilia Shiver 900 & Moto Guzzi V85TT ke Mal 

2. Desain bodi yang ciamik, banyak detail apik dan baru

Ini Spesifikasi Motor Aprilia Shiver 900, Harganya Rp560 JutaIDN Times/Yohanes Nugroho

Merupakan penyempurnaan dari Shiver generasi sebelumnya, motor ini memiliki beberapa detail perubahan pada bagian eksteriornya. Pada tangki misalnya, di Aprilia Shiver 900 ini sudah memiliki scoop atau saluran udara untuk menambah kesan sporty, meningkatkan aerodinamis, dan yang terpenting membantu mendinginkan mesin.

Pindah ke bagian bawah, dekat leher atau selang knalpot, sekarang sudah ada engine cover yang mampu melindungi bagian-bagian mesin dari kerikil atau kotoran yang terpental saat motor dikendarai. Tak hanya itu, kalau melihat untuk estetikanya, engine cover membuat motor terlihat penuh, tak ada bagian yang kosong.

Nah, yang paling menonjol sebenarnya adalah komponen ini, yaitu peleknya yang diubah dari enam spokes menjadi tiga. Bukan hanya untuk desain, tapi pengurangan jumlah spokes ini bertujuan untuk menurunkan berat motor. Pelek depan lebih ringan 0,3 kg dan belakang lebih ringan 1,3 kg. Pelek ini dibalut dengan ban 120/70 di bagian depan dan 180/55 di bagian belakang.

Sistem pembuangan atau knalpotnya juga sudah diperbarui, namun masih mempertahankan desain penempatan di bawah lampu belakang demi memberikan kesan garang, sporty, dan unik di saat yang bersamaan. Aliran gas buangnya diarahkan ke bagian samping, dengan tujuan agar pengendara di belakang dapat nyaman berkendara dan tidak terkena semburan angin kuat dari mesin besar si Shiver 900 ini. Knalpotnya juga sudah diberi pengaman agar tidak panas saat bersentuhan dengan kulit.

3. Tingkat rigiditas yang sempurna, biar manuver lebih asik

Ini Spesifikasi Motor Aprilia Shiver 900, Harganya Rp560 JutaIDN Times/Yohanes Nugroho

Aprilia Shiver 900 memiliki tingkat keseimbangan yang cukup baik dan rigid atau kaku, ini disebabkan oleh chasisnya yang tak hanya satu, melainkan dua, yakni mengkombinasikan baja tubular dan plat aluminium.

Suspensi depan menggunakan Upside Down merek Kayaba, dipadu dengan suspensi belakang yang diletakkan agak ke samping kanan untuk memberikan ruang lebih bagi knalpot. Kedua suspensi ini memiliki sistem preload adjustable, yang dapat diatur tingkat kekakuannya. Bisa empuk demi kenyamanan atau kaku demi manuver sempurna.

4. Fitur keamanan dan kenyamanan berkendara yang mumpuni

Ini Spesifikasi Motor Aprilia Shiver 900, Harganya Rp560 JutaIDN Times/Yohanes Nugroho

Tak berhenti di sini, kepuasan penuh dalam mengendarai Aprilia Shiver 900 terjaga dengan fitur keselamatan ekstra, Marelli 7SM ECU yang memberikan sistem kontrol traksi yang canggih, menjamin kecepatan akselerasi dan putaran yang menarik.

Sistem traksi ini dikenal sebagai ride by wire, yang mampu memberi tiga sensasi berkendara berbeda. Pertama, mode sport agar performa mesin maksimal dan responsnya semakin agresif. Kedua, mode touring agar perjalanan lebih mulus dan mesin diatur lebih stabil, cocok untuk harian. Yang terakhir adalah mode rain atau hujan, mode yang mengatur performa mesin menjadi paling jinak agar tidak terjadi selip saat gas dibuka.

Fitur keamanan selanjutnya terdapat pada rem, Dual channel ABS untuk menyesuaikan dengan tenaga mesin yang besar, yaitu rem depan dan belakang pada motor ini sudah dilengkapi pengereman ABS (Antilock Braking System) supaya tidak selip atau tergelincir saat pengereman dilakukan secara mendadak.

Selain keamanan dan kenyamanan berkendara, untuk keamanan anti maling, motor ini sudah dilengkapi teknologi immobilizer yang membuat motor ini hanya bisa menyala bila menggunakan kunci asli pemilik motor.

5. Teknologi canggih pada panel instrumen kluster

Ini Spesifikasi Motor Aprilia Shiver 900, Harganya Rp560 JutaIDN Times/Yohanes Nugroho

Panel instrumen kluster pada Aprilia Shiver 900 sudah full digital, mampu menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan motor, seperti ABS, kecepatan, posisi gearbox, indikator lampu sein, indikator lampu jauh, indikator traction control, engine overspeed warning light (peringatan kecepatan berlebih), indikator perinatan immobilizer, dan indikator konektivitas pada handphone.

Yap, tidak salah baca kok. Memang panel instrumen ini mampu berkoneksi dengan handphone pengendara, via bluetooth dan aplikasi dari Aprilia. Teknologi ini juga dikenal sebagai AMP (Aprilia Multimedia Platform), memungkinkan pengendara untuk dapat melihat navigasi, mendengarkan musik, menerima panggilan telepon, juga intercom atau berhubungan dengan penumpang di belakang agar tidak perlu berteriak apabila ingin berbicara saat berkendara.

Oh ya, dekat panel instrumen ini terdapat juga USB port untuk mengisi daya handphone pengendara.

6. Dibanderol Rp 500 jutaan

Ini Spesifikasi Motor Aprilia Shiver 900, Harganya Rp560 JutaIDN Times/Yohanes Nugroho

Harga yang dibandrol untuk motor ini memang membuat banyak orang menggelengkan kepala. Lebih tepatnya, motor ini dibanderol dengan harga Rp 560 juta untuk On The Road Jakarta, sudah dengan asuransi Total Loss Only.

Untuk cicilan, Aprilia menyediakan tenor 11 bulan, 23 bulan, dan 35 bulan. Namun, Aprilia memberikan penawaran menarik buat kamu yang melakukan pembelian tanpa kredit atau dicicil, yakni akan mendapatkan aksesoris modifikasi Aprilia Shiver 900 senilai Rp 60 juta.

Baca Juga: FOTO: Deretan Skuter Piaggio Ini Bikin Baper, Ada yang Seharga Xpander

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You