Comscore Tracker

Mobil Klasik Teranyar Andre Taulany, Ini 5 Fakta tentang Fiat 500

Mobil ini dibuat setelah perang dunia ke-2

Drama mobil Mini Cooper Morris berwarna hijau milik Andre Taulany usai setelah dijual ke Raffi Ahmad dan terakhir ada di tangan Denny Cagur. 

Mobil kesayangan anak keduanya, Kenzy yang sempat membuat sang anak ngambek. Merasa bersalah, Andre akhirnya mencari penggantinya. 

Adalah Fiat 500 Nouva yang kini ada di garasi Andre Taulany. Konon, mobil ini lebih langka dari Morris. Ingin tahu lebih jelas tentang mobil ini? Berikut faktanya.

1. Meski saat ini harganya gelap, Fiat 500 Nuova awalnya dijual sebagai mobil ekonomis

Mobil Klasik Teranyar Andre Taulany, Ini 5 Fakta tentang Fiat 500Pixabay/joakant

Fiat 500 Nuova keluaran tahun lama seperti milik Andre harganya tidak bisa ditebak. Karena mobil antik dengan kondisi yang sudah direstorasi memiliki harga yang gelap, artinya harga tersebut tergantung pada penawaran si pemilik saja.

Harga pasarannya tidak memiliki patokan yang pasti karena sangat tergantung pada kondisi mobil dan restorasi yang sudah dilakukan layaknya barang-barang hobi lainnya. Ditambah langkanya Fiat 500 antik yang ada di Indonesia semakin membuat harganya susah ditebak.

Padahal Fiat 500 pertama kali dibuat setelah perang dunia II sebagai sebuah mobil yang tercipta karena tuntutan pasar yang menginginkan mobil ekonomis dan praktis setelah lesunya pasar otomotif saat perang terjadi.

2. Mengapa Fiat 500 disebut Abarth dan juga Nuova?

Mobil Klasik Teranyar Andre Taulany, Ini 5 Fakta tentang Fiat 500Pixabay/JosepMonter

Dalam video unggahannya di kanal YouTube Taulany TV, Andre Taulany menyebut Fiat 500 ini dengan sebutan Abarth. Abarth sendiri adalah sebuah perusahaan mobil dari Italia yang menjalin kerja sama dengan Fiat untuk membangun sebuah mobil. Tak hanya berhenti dengan kerja sama saja, pada akhirnya perusahaan Abarth dijual ke Fiat dan Abarth menjadi lini balap dari mobil-mobil Fiat. Sehingga Fiat 500 Abarth adalah model Fiat 500 yang sudah didesain agar lebih sporty.

Andre juga mengatakan mobilnya sebagai Fiat 500 Nuova yang arti nuova sendiri berasal dari bahasa Italia yang artinya baru. Nama Nuova diberikan kepada Fiat 500 sebagai sebuah suksesor seri sebelumnya yaitu Fiat 500 Topolino yang berbentuk seperti tikus.

Baca Juga: Jadi Rebutan Selebritis, Kisah Mobil Morris Klasik Hijau yang Viral

3. Memiliki beberapa varian

Mobil Klasik Teranyar Andre Taulany, Ini 5 Fakta tentang Fiat 500Fiat Giardiniera - Pixabay/MabelAmber

Ternyata Fiat 500 tak hanya memiliki varian biasa dan sporty bikinan Abarth saja, Fiat 500 juga memiliki berbagai macam varian dengan kode huruf seri D, F, L, dan R. Beberapa seri keluaran Fiat juga dirilis dengan kode nama seperti Giardiniera dan Furgoncino.

Perbedaan dari setiap seri hanya berupa kapasitas mesin dan ubahan minor pada bodi. Kecuali seri Giardiniera yang memiliki bodi lebih panjang.

4. Beberapa kali dirilis ulang

Mobil Klasik Teranyar Andre Taulany, Ini 5 Fakta tentang Fiat 500Instagram.com/dario.pelle

Saking suksesnya Fiat 500, hingga kini Fiat 500 sudah beberapa kali dirilis ulang dengan berbagai pembaruan untuk memenuhi kebutuhan manusia modern. Seperti pada tahun 2007, Fiat 500 kembali hadir setelah 50 tahun sejak kemunculannya pertama kali di tahun 1957. Fiat 500 modern bertransformasi menjadi sebuah city car dengan berbagai fitur yang lebih membuat nyaman penumpangnya.

Sedangkan di tahun 2020 ini, Fiat mengeluarkan seri 500-nya dengan konsep hybrid, yaitu menggunakan tenaga bahan bakar dan baterai kecil. Sedangkan di tahun 2021 nanti Fiat akan mengeluarkan seri 500e yang full elektrik. 

5. Versi modernnya identik dengan anak muda

Mobil Klasik Teranyar Andre Taulany, Ini 5 Fakta tentang Fiat 500Carly Rae Jepsen dengan Fiat 500 - Youtube.com/Owl City

Jika Fiat 500 antik seperti milik Andre Taulany identik dengan mobil kolektor, Fiat 500 modern justru identik dengan mobil anak muda. Fiat 500 bisa menjadi alternatif mobil anak muda dengan desain Eropa lainnya seperti Mini Cooper maupun VW New Beetle. Buktinya salah satu penyanyi muda luar negeri, Carly Rae Jepsen, menggunakan Fiat 500 di salah satu video klip lagunya yang berjudul Good Time (feat. Owl City).

Itulah 5 fakta tentang Fiat 500 yang bisa kamu ketahui. Kamu lebih suka Fiat 500 versi lama atau versi modern, nih?

Baca Juga: Mobil-mobil yang Harganya di Bawah Rp50 Juta Ini Bisa Dibawa Offroad

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya