Comscore Tracker

Mau Tahu Mobil Pertama di Dunia? Ada di Museum Nasional Lho

Mobil Mercedes Benz ini pertama kali masuk Indonesia 1894

Jakarta, IDN Times - Tahukah kamu mobil pertama di dunia? Ya, mobil pertama itu diciptakan Mercedes-Benz. Kendaraan bermotor tanpa atap beroda tiga itu diberi nama Benz Patent-Motorwagen.

Mobil ini pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1894. Adalah Sultan Solo Pakoe Boewono X yang membelinya pada tahun 1894. Jauh sebelum Indonesia merdeka ya.

Kalau mau lihat mobil pertama di dunia dan Indonesia ini, kamu bisa mengunjungi Museum Nasional Indonesia di Jakarta. Soalnya pihak Mercedes telah memberikan replika mobil tersebut pekan lalu pada 8 Februari. 

"Kami sangat bergembira dapat mendonasikan replikasi asli mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen, kepada Museum Nasional Indonesia. Dengan donasi ini, kami mendukung Museum Nasional Indonesia dalam menjalankan misinya untuk mengedukasi mengenai wilayah Indonesia dan sejarahnya," kata Choi Duk Jun, Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia.

Seperti apa sih mobil pertama di dunia ini? Yuk, kita simak!

1. Mengenal lebih dekat Benz Patent-Motorwagen, mobil pertama di dunia

Mau Tahu Mobil Pertama di Dunia? Ada di Museum Nasional LhoIDN Times/Muhammad Imam Birawa

Mercedes-Benz resmi mendonasikan replika mobil pertama di dunia, Benz Patent Motorwagen, kepada Museum Nasional Indonesia dalam perayaan 50 tahun kehadirannya di Indonesia. Benz lahir pada 29 Januari 1886, saat itu Carl Benz mengajukan paten kendaraaan bermotor roda tiga yang diciptakan pertama kali di Berlin. Sejak saat itu, ditetapkan sebagai hari kelahiran mobil.

Benz Patent-Motorwagen ditenagai mesin 954 cc satu silinder empat langkah. Pada masa itu, mesin yang digunakan sangatlah ringan dengan berat sekitar 100 kg. Fitur yang menjadi ciri khas mobil pertama di dunia, yaitu terdapat pada bak mesin terbuka, katup intake yang dapat digeser, katup pembuangan yang dioperasikan oleh cakram rem, pelatuk klop dan pushrod, serta telah menggunakan sistem pelumas tetes.

Benz Patent-Motorwagen memiliki ban yang begitu besar dan dipasang secara horizontal pada sasisnya. Hal ini berfungsi agar tidak mengganggu kemudi dan stabilitas kendaraan.

Baca Juga: Mobil-mobil Rusia Paling Populer, Ada yang Bakal Masuk Indonesia

2. Pameran Mercedes-Benz

Mau Tahu Mobil Pertama di Dunia? Ada di Museum Nasional LhoIDN Times/Muhammad Imam Birawa

Selain mendonasikan mobil pertama di dunia, Benz Patent-Motorwagen kepada Museum Nasional Indonesia. Mercedes-Benz juga mengadakan pameran dengan tema "Perjalanan menuju 50 tahun kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia".

Pameran ini dimulai dari 8 hingga 15 Februari 2020 mendatang. Mobil-mobil yang dipamerkan tak hanya replika Benz Patent-Motorwagen, tetapi juga ada Mercedes-Benz W115, O 036 (Angkutan Umum Legendaris, Damri), dan Bagong  (Mercedes-Benz L911)

3. Bekerja sama dengan Museum Nasional Indonesia untuk mengedukasi masyarakat

Mau Tahu Mobil Pertama di Dunia? Ada di Museum Nasional LhoIDN Times/Muhammad Imam Birawa

Mercedes-Benz bersama Museum Nasional Indonesia ingin mendukung edukasi, mobilitas di Indonesia dengan penyerahan simbolis replika mobil Benz Patent-Motorwagen. Hal ini lah yang mendasari alasan Mercedes memberikan replika mobil pertama di dunia dan akhirnya bekerja sama dengan Museum Nasional Indonesia.

Museum Nasional sendiri menjadi mitra pertama Mercedes-Benz dalam perayaan 50 tahun kehadirannya. Sejauh ini sudah lebih  dari 90 unit replika Benz Patent-Motorwagen ada di seluruh dunia.

4. Mercedes-Benz berkomitmen merawat mobil Benz Patent-Motorwagen

Mau Tahu Mobil Pertama di Dunia? Ada di Museum Nasional LhoIDN Times/Muhammad Imam Birawa

Mercedes berkomitmen akan mensupport Museum Nasional dan percaya Museum Nasional juga memiliki tim yang mengerti bagaimana perawatan mobil. Perawatannya sendiri diakui tim Mercedes tidak ada perawatan khusus dan tidak serumit kendaraan sekarang. Namun, ada beberapa material khusus untuk beberapa bagian.

5. Tidak menutup kemungkinan ada koleksi mobil Mercedes di Indonesia

Mau Tahu Mobil Pertama di Dunia? Ada di Museum Nasional LhoIDN Times/Muhammad Imam Birawa

Setelah mendonasikan replikasi mobil pertama di dunia, Mercedes tidak menutup kemungkinan akan menambah koleksinya di Indonesia. Mercedes club Indonesia adalah salah satu yang terbesar di dunia, oleh sebab itu Mercedes-Benz tidak menutup kemungkinan ke depannya akan banyak koleksi lagi.

Baca Juga: Mobil-mobil yang Harganya di Bawah Rp50 Juta Ini Bisa Dibawa Offroad

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya