Comscore Tracker

Spesifikasi Mesinnya Mirip, 4 Perbedaan Esemka Bima dengan Mobil Cina

Benarkah kembaran Changan Star Truck?

Jakarta, IDN Times - Mobil nasional Esemka Bima baru diluncurkan Jumat lalu. Mobil ini langsung jadi perbincangan. Namun dianggap mirip mobil buatan China Changan Star Truck. 

Mobil berjenis pick up ini memang diharapkan bisa menembus pasar di tanah air. Meskipun memang lebih berkegunaan untuk membawa logistik. Diharapkan bisa bersaing dengan Suzuki Carry ataupun Grand Max. 

Memang sih sekilas mirip. Namun harus diketahui jika mobil ini juga punya beberapa perbedaan. Apa saja? Yuk disimak!

1. Tampang depan mirip tapi beda

Spesifikasi Mesinnya Mirip, 4 Perbedaan Esemka Bima dengan Mobil Cina

Tampang depan Esemka Bima dan Changan Star Truck memang mirip. Namun jika diperhatikan secara detail, keduanya berbeda.

Perbedaan antara lain ada pada grill. Pada Esemka Bima, sisi atas grill tampak cembung ke atas sementara sisi atas grill Changan Star Truck cenderung rata.

Selain itu warna grill kedua mobil ini berbeda. Grill Esema Bima berwarna hitam sementara Changan Star Truck berwarna silver.

Perbedaan berikutnya adalah adanya garis tengah yang membelah grill Esemka Bima menjadi dua bagian, membuatnya seperti BMW. Garis tengah ini tidak terdapat pada grill Changan Star Truck.

2. Headlamp Changan Star Truck lebih lebar

Spesifikasi Mesinnya Mirip, 4 Perbedaan Esemka Bima dengan Mobil CinaIDN Times/Larasati Rey

Perbedaan lain terdapat pada headlamp atau lampu depan. Headlamp lampu depan Esemka Bima terlihat lebih minimalis sementara headlamp Changan Star Truck selain lebih besar juga lebih lebar.

Baca Juga: Lindungi Keselamatan Pecinta Honda, Indako Gelar Edukasi Safety Riding

3. Esemka Bima dan Changan Star Truck berbeda dimensi

Spesifikasi Mesinnya Mirip, 4 Perbedaan Esemka Bima dengan Mobil CinaInstagram/Jokowi

Sekarang mari kita lihat dimensi kedua mobil ini. Berdasarkan data yang kami peroleh, Esemka Bima memiliki panjang 4.560 mm. Sementara panjang Changan Star Truck 4.660 mm. Artinya Esemka Bima sedikit lebih panjang.

Selain itu Esemka Bima juga lebih lebar. Lebar Esemka Bima 1.645mm. Bandingkan dengan lebar Changan Star Truck yang 1.620 mm. Namun Esemka Bima dan Changan Star Truck sama-sama memiliki tinggi 1.890 mm.

4. Lalu bagaimana dengan baknya?

Spesifikasi Mesinnya Mirip, 4 Perbedaan Esemka Bima dengan Mobil Cina

Desain bak kedua mobil ini berbeda. Pada Esemka Bima sisi luar bak tampak lebih rumit dengan garis-garis horizontal dan vertikal. Sementara pada bak Changan Star Truck hanya ada satu 'cekungan' yang memanjang dari dari belakang hingga depan.

5. Spesifikasi mesin kedua mobil ini nyaris identik

Spesifikasi Mesinnya Mirip, 4 Perbedaan Esemka Bima dengan Mobil CinaIDN Times/Larasati Rey

Jika pada bagian bodi dan bak terdapat beberapa perbedaan, lain hal dengan sektor mesin. Spesifikasi mobil Esemka Bima dan Changan Star Truck nyaris sama, kalau tidak bisa dibilang mirip.

Keduanya sama-sama menggendong mesin 1.2L E-power 14 DOCH. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 96,5 tenaga kuda. Jadi menurut mu apakah kedua mobil ini kembar?

Baca Juga: 4 Hal Ini Harus Dihindari Agar Ban Tubeless Tidak Kempes Terus

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You