Comscore Tracker

Ini Transformasi Toyota Avanza yang Sudah 16 Tahun Mengaspal

Mobil sejuta umat ini memang selalu diminati

Jakarta, IDN Times - Toyota Avanza sejak muncul di Indonesia tahun 2003 sudah langsung mencuri perhatian. Mobil berjenis Low Multiple Purpose Vehicle (LMPV) ini masih mendominasi jalanan. Tak terasa sudah 16 tahun Avanza mengaspal.

Disukai keluarga dan anak muda, Avanza sudah sampai tiga generasi. Mulai dari generasi pertama 2003-2011, generasi kedua 2011-2015, dan generasi ketiga 2015-sekarang. Ini transformasi Avanza dari waktu ke waktu.

1. Avanza generasi pertama

Ini Transformasi Toyota Avanza yang Sudah 16 Tahun MengaspalCar.info

Generasi pertama Avanza diperkenalkan dalam dua tipe, yaitu 1.3 E & 1.3 G bertransmisi manual 5-speed dan hanya dijual dalam satu pilihan mesin, 1,3 liter dan satu jenis transmisi (manual). Fitur yang ditawarkan generasi pertama ini juga masih sangat minim. Setahun berselang, tipe tertinggi Avanza itu mendapat tambahan varian baru dengan trasmisi otomatis 4-speed. 

Tahun 2006, Toyota kembali melakukan perubahan pada Avanza. Toyota menyematkan teknologi VVT-I (Variable Valve Timing Intelligence) pada Avanza. Varian baru Avanza 1.3 S juga diperkenalkan. Varian ini menjadi tipe tertinggi dengan tambahan body kit pada eksteriornya. Pada tipe ini juga telah disematkan fitur keselamatan ABS (Anti-lock Brake System). 

Di akhir tahun yang sama, Avanza juga meluncurkan varian terbarunya, yaitu dengan pilihan mesin 1,5 liter VVT-I. Tahun 2009, varian terendah Avanza juga diberikan pilihan transmisi otomatis 4-speed. 

Baca Juga: 16 Tahun Mengaspal, 5 Alasan Avanza Jadi Mobil Terlaris di Indonesia

2. Avanza generasi kedua

Ini Transformasi Toyota Avanza yang Sudah 16 Tahun Mengaspalcpsafrica.com

Di tahun 2011, Avanza generasi kedua mucul dengan banyak perubahan, meliputi tampilan interior dan eksteriornya. Generasi keduanya tersedia dalam 2 pilihan mesin, 1,3 liter dan 1,5 liter. Keduanya juga ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Varian teratas pada generasi kedua juga diluncurkan dengan nama Veloz. Berbagai perubahan terlihat pada varian teratas Avanza ini. Mulai dari grille depan, bumper depan, hingga fitur yang terdapat di dalamnya. 

Di tahun 2013, Toyota kembali melakukan penyegaran dengan meningkatkan fitur keselamatan. Toyota memberikan fitur dual SRS Airbag dan menyempurnakan level NVH (Noise, Vibration dan Harshness). 

Baca Juga: Riset OLX, Toyota Avanza Jadi Mobil Bekas Paling Dicari di Indonesia

3. Avanza generasi ketiga

Ini Transformasi Toyota Avanza yang Sudah 16 Tahun Mengaspalpinterest.com

Pada generasi ketiga ini, Toyota menyebutnya dengan New Grand Avanza dan New Avanza Veloz. Avanza generasi ketiga ini tampil lebih elegan dibanding generasi sebelumnya. Fitur hiburan juga ditingkatkan dengan head unit layar sentuh. Begitupun dengan fitur penunjang berkendara seperti ECO indicator lamp dan lainnya. 

Pada varian Veloz, Toyota menggunakan lampu utama model proyektor dan menjadikan Veloz satu-satunya small MPV di Indonesia yang menggunakan lampu ini. Untuk segi mesin, Grand Avanza dibekali dengan mesin baru berteknologi Dual VVT-I.

4. Avanza 2019

Ini Transformasi Toyota Avanza yang Sudah 16 Tahun MengaspalToyota.astra.co.id

Toyota kembali melakukan perubahan di tahun 2019 pada Avanza. Perubahan pada eksterior New Avanza memberikan kesan lebih solid dan berani. Pada Interior mobil, Avanza menawarkan beberapa fitur tambahan, yaitu center cluster yang semakin modern dengan audio system terbaru serta pengaturan suhu yang kini berganti system tombol.

Di tahun 2019, Avanza juga meluncurkan New Veloz yang tampil lebih sporty. Eksterior New Veloz terlihat lebih gagah dengan perubahan tampilan bumper yang kokoh. Untuk bagian interior, Veloz memerikan warna gelap untuk memperkuat kesan sporty pada mobil ini. 

Baca Juga: Mobil-mobil Rusia Paling Populer, Ada yang Bakal Masuk Indonesia

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya